Monday

Efek Samping Konsumsi Kopi Berlebihan


AFB - KOPI adalah salah satu stimulan yang paling dicari di seluruh dunia. Apalagi bagi para pria, kopi juga bisa membuatnya tetap fokus bekerja dan mengatasi kelelahan.

Sebenarnya, mengkonsumsi kopi memang tidak berbahaya. Bahkan, ada beberapa manfaat untuk kesehatan. Namun, konsumsi kopi yang berlebihan bahkan sudah dalam taraf kecanduan, maka bisa menimbulkan berbagai efek samping.

Berikut beberapa bahaya atau efek samping dari konsumsi kopi secara berlebihan pada pria, dilansir Boldsky.

√ Senyawa kafein dan berbagai asam yang ditemukan dalam biji kopi juga mampu mengiritasi perut dan lapisan usus kecil Anda. Apalagi jika tidak minum air putih, baik sebelum ataupun sesudahnya. Mengonsumsi kopi berlebihan juga bisa menimbulkan kram perut, kejang, sembelit, dan diare.



√ Minum kopi juga bisa merangsang peristaltik atau proses pada saluran pencernaan yang mempercepat seseorang untuk buang air besar. Namun sayangnya, banyak makanan yang tidak bisa dicerna hingga nutrisi penting pun gagal diserap oleh tubuh.

√ Kopi juga bisa memengaruhi penyerapan zat besi pada perut, termasuk kemampuan ginjal untuk memertahankan kalsium, zinc, magnesium, dan mineral penting lainnya. Sementara dari sisi pencernaan, kekurangan magnesium juga menjadi kondisi yang mengkhawatirkan. Sebab, hal itu bisa memengaruhi kondisi usus.

√ Minum kopi saat perut kosong mampu merangsang produksi asam klorida. Tentu saja hal ini bermasalah karena HCL sendiri hanya boleh diproduksi untuk mencerna makanan. Dengan kondisi demikian, maka kopi juga bisa menimbulkan efek samping pada proses yang berkaitan dengan pencernaan.

√ Kopi juga akan meningkatkan beberapa hormon seperti cortisol, epinephrine dan norepinephrine. Pada akhirnya, senyawa tersebut mampu meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan ketegangan.

√ Mengonsumsi kopi berlebihan ternyata mampu mengurangi kepadatan mineral pada tulang. Kafein memang diuretic ringan dan bisa mempercepat siklus buang air kecil. Namun sayangnya, kafein juga mampu mengikis kalsium bersamaan dengan urin yang keluar. Bahkan dalam jangka panjang, kafein juga mampu meningkatkan risiko osteoporosis.

Oke. 

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...