Tuesday

Wonderful Indonesia: 9 Tempat Wisata Syariah di Indonesia


AFB - Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, terus berupaya mengembangkan wisata syariah di Tanah Air. Untuk itu, ke depan 9 destinasi akan menjadi wilayah tujuan wisata syariah, yaitu: Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Makassar, dan Lombok.

9 wilayah tujuan wisata syariah tersebut ditentukan berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, budaya masyarakatnya, produk wisata daerah, serta akomodasi wisatanya.

Adapun penetapan destinasi wisata syariah itu merupakan persiapan menjelang peluncuran produk wisata syariah tahun 2014.


Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Esthy Reko Astuti, mengutarakan bahwa 9 destinasi tersebut dianggap siap karena telah menyediakan banyak tempat makan halal, tempat peribadatan yang mudah dijangkau, serta akomodasi yang terjamin aman bagi wisatawan Muslim. Selain itu, penerapan wisata syariah juga harus didukung layanan jasa biro perjalanan dan kemampuan pemandu wisata.

Wisata syariah bukanlah wisata eksklusif karena wisatawan non-Muslim juga dapat menikmati pelayanan yang beretika syariah.

Wisata syariah bukan pula hanya meliputi keberadaan tempat wisata ziarah dan religi saja namun pula mencakup ketersediaan fasilitas pendukung seperti restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal dan tempat salat.

Produk dan jasa wisata, serta tujuan wisata dalam pariwisata syariah adalah sama seperti wisata umumnya selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai dan etika syariah. Contohnya adalah menyediakan tempat ibadah nyaman seperti sudah dilakukan di Thailand dan negara lainnya yang telah menerapkan konsep tersebut terlebih dahulu.

Potensi wisata syariah di Indonesia sangat besar dan bisa menjadi alternatif selain wisata konvensional. Sekira 7 juta wisatawan dan 17% di antaranya merupakan wisatawan Muslim. Oleh karena itu, promosi aktif wisata syariah diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Muslim agar naik menjadi 20% hingga 25% pada 2014-2015.

Kunjungan wisatawan Muslim ke Indonesia mencapai 1.270.437 orang per tahun dimana di antaranya berasal dari Arab Saudi, Bahrain, Malaysia,  Brunei, dan Singapura.


Travel

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...