Thursday

Mengenal Istilah "Phishing" di Dunia Maya

AFB - Apa itu Phishing? Phishing adalah usaha untuk mendapatkan suatu informasi penting dan rahasia secara tidak sah, seperti USER ID, PASSWORD, PIN, informasi rekening bank, informasi kartu kredit, atau informasi rahasia yang lain. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (memancing), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Adapun sarana yang sering digunakan oleh phisher(Pemancing) adalah sebagai berikut:

• Penggunaan alamat e-mail palsu dan grafik untuk menyesatkan pengguna internet sehingga pengguna internet terpancing menerima keabsahan e-mail atau web sites. 

Agar tampak meyakinkan, pelaku juga seringkali memanfaatkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi, seperti bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti password, PIN dan nomor kartu kredit.


• Membuat situs jaringan palsu yang sama persis dengan situs resmi, sehingga jika ada pengunjung yang mengisikan data pribadi maka informasi akan direkam oleh pembuat situs palsu tersebut.

• Membuat hyperlink ke situs jaringan palsu melalui email atau instant message.
Aktivitas phishing ini bisa dilakukan secara sengaja oleh pemilik website atau oleh hacker yang berhasil menyusupi sebuah website dan meletakkan halaman phishing.

Bagaimana cara mengaktifkan kembali account yang terdapat aktivitas Phishing?

Sebuah account hosting yang diblokir akibat aktivitas phishing, maka pemilik account bisa menghubungi pihak web hosting  untuk menghapuskan file phishing dan mengajukan permohonan pembukaan blokir dengan melampirkan pernyataan bahwa pemilik account tidak bertanggung jawab atas keberadaan file phishing tersebut, dan akan meningkatkan keamanan websitenya agar aktivitas phishing tidak terulang kembali.

Namun jika aktivitas ini terulang kembali pada website yang sama maka selain file phishing yang harus dihapus, account hosting tersebut harus direset. Hal ini sebagai pencegahan pada aktivitas phishing yang tentunya akan merugikan banyak pihak.

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...