Sunday

Amra Babic, Wali Kota MuslimahBerjilbab Pertama di Eropa


REPUBLIKA.CO.ID, SARAJEVO --
Terpilih nya Amra Babic menjadi Wali Kota perempuan Muslim pertama di Bosnia menjadi titik balik dari kembalinya identitas Islam di negaranya. Ini sekaligus menjadi jawaban Bosnia terhadap larangan jilbab yang diberlakukan negara-negara Eropa, semisal Prancis. Tidak mudah bagi Muslim Bosnia untuk menegaskan jati dirinya.

Pada masa pemerintahan Turki Ustmani, Islam menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi warga Bosnia. Ketika kekuasaan Kesultanan Usmani berakhir umat Islam dipaksa menjadi ateis. Ini kemudian menjadi ancaman terhadap perempuan Muslim Bosnia, termasuk Babic, dalam upaya menegaskan identitas nya.

Berakhirnya kekuasaan komunis dalam perang saudara berkepanjangan, ada satu harapan untuk kembali memperlihatkan identitas warga Bosnia sebagai bagian dari umat Islam dunia. Karena itulah, terpilih nya Babic menjadi kepala pemerintahan sebuah kota kecil menjadi awal yang baik.
Tidak mudah baginya untuk mengemban amanah itu. Kekerasan dan hal lain menjadi tantangan ke depan. Akan tetapi Muslim Bosnia percaya, Babic yang merupakan ekonom handal mampu membuat perubahan besar melalui insting tajam berpolitik nya.

Itu terbukti, dalam waktu singkat, Babic mampu mendapatkan reputasi sebagai administrator yang tangguh. Ia bahkan diharapkan mampu  membawa Bosnia mengejar ketertinggalannya.
"Aku warga Eropa, aku seorang Muslim. Ini identitas saya," kata dia seperti dikutip The Washington Post, Ahad (10/3). Babic mengatakan apa yang lihat masyarakat dari luar mungkin hanyalah jilbab. Tapi masyarakat tidak tahu kekuatan apa yang ada didalamnya. Sebuah kekuatan untuk tidak melakukan hal buruk. "Dalam menjalani hidup. Aku selalu bicara dalam bahasa kejujuran bukan bahasa kebencian," kata dia.

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...