Sunday

Hobi Merokok dan Makan Sembarangan, Siap Kena Penyakit Ini

Kanker menjadi salah satu penyakit penyumbang kematian terbesar di Indonesia. Penyebabnya beragam, mulai pola hidup yang tidak sehat, merokok atau pola makan yang tidak sehat.

Menurut pengamat kesehatan Universitas Sumatra Utara dr Delyuzar, makanan yang mengandung bahan kimia juga menyebabkan kanker dan banyak pula lainnya yang dicurigai sebagai penyebab kanker. Ditambahkannya, ada beberapa jenis pengobatan kanker yakni kemoterapi, menggunakan alat radiologi atau penyinaran dan operasi atau bedah. "Ini tergantung jenis kanker nya. Dokternya lah yang memutuskan apakah dia dioperasi, di kemoterapi atau di radioterapi," katanya.

Dia mengatakan kanker harus diwaspadai sejak diri karena semakin cepat diketahui maka akan semakin mudah untuk disembuhkan. "Kanker dapat dirawat dan disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Jika makin cepat diketahui, maka prognosisnya bisa disembuhkan. Namun sayangnya, banyak pasien baru mengetahui kalau dirinya kanker sudah masuk stadium 3 atau, padahal kalau sudah stadium tersebut, tahap kesembuhannya sulit," katanya.

Menurut dokter patologi ini, kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali, menyerang jaringan biologis, termasuk kanker payudara. "Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan serta.

Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi," katanya.

Sumber:Antara

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...