Friday

Tidur Yang Baik Menurut Rasulullah SAW


AFB - Rasulullah SAW mempunyai kebiasaan tidur pada awal malam kemudian bangun pada permulaan paruh kedua malam.Pada saat itu beliau bangun lalu menggosok gigi/bersiwak, berwudhu dan melaksanakan Sholat Tahajjjud

• Rasulullah saw selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan
• Terus berdzikir sampai jatuh tertidur
• Rasulullah saw tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh makanan dan minuman
• Rasulullah saw tidak pernah tidur di atas tanah tanpa alas dan tidak pernah tidur di atas kasur yang terlalu tinggi pula.

Minimal beliau memakai kasur yang berisi sabut, menggunakan bantal dan kadang - kadang meletakkan tangannya di bawah pipi. Setelah tahu kebiasaan-kebiasaan Rasulullah SAW dalam hal tidur mungkin kita juga perlu tahu bagaimana aturan - aturan tentang tidur yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.



Tidur Terbaik

Tidur terbaik adalah tidur yang dimulai dengan posisi miring ke kanan. Tujuannya adalah agar makanan dapat masuk ke dalam lambung dengan sempurna. Hal ini dikarenakan posisi lambung yang berada agak ke samping kiri. Kemudian padanya dianjurkan untuk mengubah posisi ke kiri untuk mempercepat proses pencernaan. Baru kemudian tidur dilanjutkan dengan posisi miring ke kanan kembali. 

Sebagai peringatan, jangan terlalu sering tidur dalam posisi miring ke kiri karena hal itu dapat membahayakan organ hati yang berada di sisi kiri dekat dengan lambung. Pada saat itu organ-organ tubuh akan mengarah pada hati dan berisiko mengalirkan bahan berbahaya ke dalamnya.

Ada yang menyatakan bahwa hikmah tidur dengan posisi miring ke kanan adalah agar orang yang melakukannya tidak terlalu lelap dalam tidurnya, karena posisi hati/jantung di dalam tubuhnya agak miring ke kiri. Jadi jika seseorang tidur dengan posisi miring ke kanan, maka jantungnya akan terdorong dari tempatnya di sebelah kiri. Hal itu akan mencegah orang yang bersangkutan tidur terlalu lama dan terlalu lelap. 

Posisi tidur Nabi saw setelah miring ke sebelah kanan Kemudian, beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, supaya dengan begitu proses pencernaan lebih cepat karena condong nya lambung di atas hati. Kemudian beliau kembali tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan segera larut dari lambung; jadi posisi permulaan dan posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan. 


Riset ilmiah dunia medis menjelaskan bahwa ada keuntungan besar yang didapat ketika seseorang tidur miring ke kanan. Di antaranya adalah menghalangi tekanan hati yang berlebihan pada lambung. Dapat mempercepat produksi cairan di usus dan usus dua belas jari, berkat adanya gaya gravitasi, sebab mulut lambung menghadap ke bawah. Selain itu juga mempermudah proses kerja batang tenggorokan sisi kiri, dimana organ ini dapat dengan cepat menghasilkan cairan lendir. Juga membuat rileks gerak jantung dan lambung, atau mengurangi tekanan pada keduanya. 

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya."(HR. Abu Dawud).



Manfaat Dari Posisi Tidur Yang Benar


Untuk Mempermudah Jalan Nafas
Tidur miring mencegah jatuhnya lidah kebelakang yang dapat menyumbat jalan nafas. Lain halnya jika tidur pada posisi telentang maka relaksasi lidah pada saat tidur dapat mengakibatkan ter halangannya jalan nafas, penampakan dari luar berupa mendengkur. 

Orang yang mendengkur mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen malah kadang- kadang dapat terjadi henti nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkan orang yang tidur dengan posisi demikian. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing  di karena kan kurangnya pasokan oksigen ke otak. Tentu saja ini sangat mengganggu tidur kita.

Untuk Kesehatan Jantung
Tidur miring ke sebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya ini karena posisi jantung yang memang berada lebih disebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan karena darah yang masuk ke atrium juga banyak, sebab paru-paru kanan berada diatas sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri.

Bagi Kesehatan Paru-paru
Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan paru- paru kanan. Jika tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan jatuh ke sebelah kanan, itu tidak menjadi masalah karena paru-paru kanan besar, lain halnya kalau bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru kiri yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik.

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...