Tuesday

Manfaat Teh Bagi Kesehatan dan Pengobatan


AFB - Banyak sekali jenis teh di dunia ini tapi yang paling populer ada 4 (empat) yakni: Teh hitam, teh oolong, teh hijau (green tea), dan teh putih (white tea). Teh hitam atau black tea inilah yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat di Dunia.Sedangkan teh hijau terkenal karena iklan di televisi yang khasiatnya dipercaya bisa melangsingkan tubuh.
Manfaat teh secara umum sudah dikenal orang sejak jaman nenek buyut kita, tapi tahukah Anda sampai seberapa banyak khasiatnya? Satu? Dua? Tiga?Bukan! Bisa jadi puluhan atau mungkin ratusan khasiat yang terkandung pada daun teh. Pada kesempatan kali ini tentu saja tidak akan kami bahas semuanya kecuali beberapa saja yang menurut sebagian orang paling penting. Daun teh yang dapat dijadikan minuman panas, hangat dan dingin ini mengandung segudang manfaat teh .

Manfaat teh dari kandungan senyawa

  • Senyawa polifenol, salah satu senyawa yang dapat dijadikan sebagai antioksidan alami dalam tuh dari jenis bioflavonoid, memberikan daya tahan tubuh lebih kuat dari Vitamin C sampai 100 kali dan 25 kali bila dibandingkan dengan vitamin E. Bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar gula dalam darah. Meluncurkan sistem urinari dalam tubuh terutama membantu ginjal dan dipercaya dapat mencegah terjadinya batu empedu.
  • Senyawa Kafein, sebagian orang menganggap bahwa hanya kopilah minuman yang menghasilkan kafein. Ternyata tidak, teh juga memproduksi kafein namun tidak setinggi pada kopi. Manfaat kafein itu sendiri antara lain memperlancar darah ke otak dengan cara menstimultan sistem saraf pusat.Dengan meluncurkan sirkulasi darah ke otak otomatis dapat meningkatkan kinerja otak, dari yang semula mudah lupa menjadi kuat ingatannya, terutama saat kita meminum teh secara teratur.


Berikut ini beberapa manfaat lain lainnya dari teh untuk kesehatan dan pengobatan:

1. Mencegah berbagai jenis Kanker 
Teh adalah minuman yang dikenal kaya akan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh. Antioksidan pada teh epigallocatechin gallate (EGCG) akan bermanfaat mencegah dan mematikan sel-sel kanker pada tubuh. Konsumsi teh dengan tujuan ini sebaiknya dikonsumsi tanpa menggunakan gula, sebaiknya yang dikonsumsi bukan teh celup, malinkan teh alami berupa daun-daun teh untuk direndam.

2. Menurunkan resiko Jantung
Menurut penelitian University of L’Aquila tentang teh, bahwa dengan minum hanya satu cangkir teh biasa per hari dapat membantu melindungi diri dari penyakit kardiovaskuler. Teh mengandung flavonoid quercetinkaempferol, dan myricetin yang bermanfaat untuk meningkatkan reaktivitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan pengerasan pada arteri, yang berdampak pada kesehatan jantung.

3. Mengecilkan dan mengobati tumor
kandungan senyawa flavonoid yang ada pada teh hijau yaitu EGCG bermanfaat untuk menyusutkan tumor. Hal tersebut telah di ujicoba di laborat. Ekstrak teh hijau mampu mengurangi dan menyusutkan ukuran berbagai jenis tumor. Bahkan beberapa kasus membuktikan bahwa tumor tersebut dapat hilang sama sekali dari tubuh. 

4. Menurunkan tekanan darah
Jenis teh yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah adalah teh hitam. Dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur maka anda bisa menurunkan tekanan darah. Sebaiknya pada saat pengobatan dengan teh hitam ini, hentikan konsumsi obat penurun tekanan darah jenis apapun. 


5. Meningkatkan metabolisme tubuh
Menurut hasil uji klinis yang dilakukan oleh Universitas Jenewa dan Universitas Birmingham bahwasanya teh hijau bermanfaat meningkatkan tingkat metabolisme, kecepatan oksidasi lemak, sensitivitas insulin dan toleransi glukosa. Kandungan polifenol katekin pada teh hijau bersifat thermogenesis (menghangatkan tubuh), dan bermanfaat meningkatkan pengeluaran energi.

6. Menghilangkan Stress
Menurut penelitian University College London, minum teh hitam dapat menurunkan hormon stres (kortisol) yang muncul ketika seseorang mengalami stress. Pada penelitian tersebut subyek yang telah minum 4 cangkir teh hitam setiap hari selama 6 minggu mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan kelompok biasa.

7. Menyembuhkan radang usus
Beberapa pengamatan menyatakan bahwa teh hijau telah terbukti dapat mengurangi dan memulihkan peradangan usus. Efek ini merupakan dampak dari kandungan polifenol pada teh hijau yang menghambat reaksi inflamasi.

8. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
Mengkonsumsi teh hijau dengan teratur akan membuat anda akan terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas. Dengan minum teh hijau setiap hari sebanyak lima gelas, aka akan membuat anda terhindar dari kegemukan dan menjaga tubuh anda tetap ideal.

9. Mengatasi bau mulut
Menurut para peneliti dari Universas Illinois di Chicago mereka menyatakan bahwa polifenol membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya bau mulut tak sedap. 

10. Menjaga kesehatan Gigi
Penyebab adanya plak gigi dikarenakan adanya lebih dari 300 jenis bakteri yang menempel pada permukaan gigi, akhirnya menyebabkan gigi berlubang. Plak gigi juga sebagai penyebab utama penyakit gusi. Kandungan Polifenol pada teh dapat membunuh atau menekan pertumbuhan bakteri penyebab plak.


semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...