Thursday

Smartphone Tunanetra Pertama di Dunia


AFB - Sebuah inovasi baru tengah dibangun oleh seorang pengembang asal India untuk menciptakan smartphone untuk tunanetra pertama di dunia.

Seorang pengembang bernama Sumit Dagar kini tengah menyelesaikan proyek yang sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu untuk menciptakan smartphone tunanetra.

Proyek besarnya tersebut bekerjasama dengan IIT Delhi, India, yang memungkinkan penyandang tunanetra dapat berkomunikasi dengan menggunakan kiriman pesan atau sms dan email dengan smartphone yang dikombinasikan dengan huruf-huruf Braille.

Uniknya, layar sentuh pada smartphone ini bisa naik dan turun untuk menciptakan teks yang diraba dengan berbasis teknologi Shape Memory Alloy, sehingga grid pin dapat bergerak naik dan turun. Tidak hanya itu, grid pin akan berubah menjadi huruf Braille, dengan begitu akan lebih memudahkan penggunanya.

Sebelumnya, teknologi untuk membekali penyandang tunanetra ini lebih dulu dimiliki oleh Samsung yang menciptakan tablet dengan Galaxy Note 10.1.

gsmarena.

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...