Wednesday

Manfaat dan Khasiat Buah Nangka


AFB - Siapa yang tak tergiur mencium aroma khas dari daging buah nangka yang sering kita jumpai dalam panganan seperti es campur, kolak, gulai nangka, bahkan keripik nangka. Rasa nangka sangat manis dan lezat dapat langsung dimakan tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Bukan hanya bisa memanjakan lidah dengan kenikmatannya, Anda bisa mendapat banyak keuntungan dengan mengkonsumsi nangka. Salah satunya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Itu karena, kandungan kalium pada nangka cukup tinggi dan sangat baik untuk mengurangi risiko serangan jantung serta stroke. Masih banyak nutrisi lainnya pada buah yang banyak tumbuh di Bangladesh, India, Indonesia, Thailand dan Malaysia ini .

Vitamin C Buah berdaging kuning ini kaya akan vitamin C, yang bisa melindungi Anda dari infeksi virus dan bakteri. Serta, memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh dengan meningktkan sel darah putih. Satu gelas jus nangka, seperti dikutip dari BoldSky, dapat memberikan asupan antioksidan yang cukup untuk melindungi tubuh dari bakteri dan penyakit.

Fitonutrien Selain mengandung vitamin C, nangka juga kaya akan fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Fitonutrien Ini dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker dan memperlambat degenerasi sel yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif.

Serat Kandungan serat tinggi pada nangka dapat mencegah sembelit dan membantu dalam pergerakan usus halus. Jika Anda sulit untuk buang air besar, maka harus rutin untuk mengkonsumsi buah ini. Ini merupakan cara alami untuk mengatasi masalah pencernaan.

Vitamin A Nangka mengandung vitamin A, nutrisi yang kuat yang dikenal untuk menjaga fungsi mata dan kulit. Hal ini juga membantu mencegah penyakit yang terkait dengan penglihatan seperti hilangnya (degenerasi makula) dan rabun senja. Tak hanya itu, nangka merupakan obat alami untuk perawatan kecantikan rambut dan wajah Anda.

Magnesium Nangka kaya akan magnesium, yaitu mineral penting dalam penyerapan kalsium dan bekerja dengan kalsium. Ini untuk membantu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Berikut ini manfaat dan khasiat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita:

√ Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.

√ Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

√ Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.

√ Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.

√ Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.

√ Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

√ Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif.

√ Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

√ Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.

√ Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat dari buah nangka yang sangat baik untuk tubuh kita...

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...