Tuesday

Tips Menurunkan Panas Anak


AFB - Cara Menurunkan Panas Anak Tanpa Obat, Untuk mengatasi demam, lebih baik usahakan dulu dengan menyeka seluruh permukaan tubuh beberapa kali (terutama saat suhu tubuh meningkat) dengan handuk kecil dibasahi air hangat.

Tindakan ini akan melancarkan sirkulasi darah dan membuka pori-pori kulit sehingga memberikan kesempatan panas keluar dari tubuh ke lingkungan sekitar.

Ruangan ventilasi yang baik dimana udara berlangsung secara teratur atau kamar ber-AC, sangat dianjurkan untuk merawat penderita demam.

Pakaian yang sudah basah karena keringat hendaknya segera diganti dengan yang kering. Sebaiknya pilih bahan dari katun yang lebih mengisap keringat, bukan yang sintetis. Bila usaha ini tidak berhasil dan suhu badan mencapai 38 c, barulah penderita diberi obat penurun panas (antipiretik). Dosis obat penurun panas jenis asetaminofen, yang umum dijual di warung atau apotek seperti Tempra, Panadol, Parasetamol, dan lainya adalah 10 mg/kg berat badan/hari dibagi 3 dosis (diminum 3 kali sehari).

Bila sudah diberi obat penurun panas dua kali tetapi suhu badan tetap belum turun juga, berkonsultasilah ke dokter.

Mungkin demam yang diderita disebabkan infeksi bakteri yang agak berat, yang tidak bisa mengandalkan mekanisme kekebalan tubuh atau obat penurun panas saja, tetapi memerlukan obat antibiotika. Biarlah dokter yang menentukan pemilihan obatnya.

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...