Saturday

Pengertian Backlink dan Manfaatnya


AFB - Backlink merupakan suatu tautan balik dari suatu blog/web ke sebuah blog/web lainnya atau dengan bahasa mudahnya adalah alamat url blog A ada di alamat url blog B dan sebaliknya. Contoh paling sederhana bisa kita lihat dari istilah tukaran link (link exchange). Sebagai penekanan saja di sini, tukaran link yang dimaksud dan yang dihitung adalah textlink bukan bannerLink.

Manfaat dari backlink antara lain:

1. Dapat meningkatkan PageRank blog,
2. Jika pagerank naik maka blog akan menjadi lebih populer di Search Engine dan teman-teman blogger lainnya
3. Meningkatkan pengunjung atau yang biasa dikenal dengan sebutan traffic.

Kaitan backlink dengan pagerank: Nah, untuk pagerank sendiri sebenarnya backlink tidak begitu mempengaruhi, ada banyak faktor serta variable untuk mendapatkan pagerank bagus (1-10) di mata google dan backlink bukanlah satu-satunya.

Backlink akan mempengaruhi dan meningkatkan pagerank apabila backlink antara dua blog atau lebih mempunyai hubungan dan kemiripan baik dalam segi content atau tema serta tinggi atau rendahnya pagerank blog lain yang juga mempengaruhinya.

Bagaimana cara mendapatkan backlink?

1. Teman-teman bisa bertukar link dengan sesama blogger yang memiliki konten atau tema yang sama, misal sama-sama membahas tutorial blog dan lain sebagainya, karena apabila tema yang dibahas sama..dapat meningkatkan kualitas backlink itu sendiri.
2. Meninggalkan komentar (dengan format: Nama/Url) di blog dofollow yang sudah memiliki pagerank bagus.
3. Yang paling penting dan utama adalah membuat internal link blog, artinya walaupun blog kita sendiri belum memiliki pagerank namun membuat internal link blog akan sangat mempengaruhi, contoh: buatlah suatu artikel yang saling terkait satu sama lain, berilah link untuk menuju ke artikel yang lainnya, begitu seterusnya.

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...