Thursday

Gejala dan Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD)


AFB - Penyakit demam berdarah dengue atau yang disingkat sebagai DBD adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti betina lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia.

Selama nyamuk aides aigypti tidak terkontaminasi virus dengue maka gigitan nyamuk dbd tersebut tidak berbahaya. Jika nyamuk tersebut menghisap darah penderita dbd maka nyamuk menjadi berbahaya karena bisa menularkan virus dengue yang mematikan. Untuk itu perlu pengendalian nyamuk jenis aedes aegypti agar virus dengue tidak menular dari orang yang satu ke orang yang lain

B. Gejala Orang Yang Terserang Penyakit Demam Berdarah Dengue / DBD

1. Badan demam panas tinggi lebih dari 2 hari
2. Nyeri pada ulu hati
3. Terdapat bercak bintik merah di kulit yang tidak hilang walau ditekan, ditarik, diregangkan dan lain sebagainya.
4. Bisa mengeluarkan darah dari hidung (mimisan), muntah darah, dan melalui buang air besar.
5. Penderita bisa pucat, gelisah, ujung kaki dan ujung tangan dingin.

Orang yang terindikasi terserang demam berdarah harus secepatnya diberi pertolongan medis dengan dibawa ke puskesmas, dokter atau rumah sakit untuk diobati. Terlambat memberi pertolongan pada penderita dbd dapat menyebabkan penderita meninggal dunia.

Penyakit demam berdarah terbagi menjadi dua, salah satunya demam berdarah dengue yang banyak terjadi dan diderita oleh msayarakat Indonesia. Demam berdarah dengue ini menjangkiti manusia melalui nyamuk Aedes aegypti terutama nyamuk betina yang sudah dewasa yang sering melakukan gigitan mematikan. Nyamuk Aedes betina dewasa ini memerlukan darah manusia atau binatang hidup lainnya untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Seseorang yang terkena gigitan nyamuk tersebut kemungkinan besar akan terjangkit penyakit demam berdarah. Akan berbahaya jika kondisi tubuh orang yang terkena gigitan sedang lemah, seperti pada anak-anak. Itu karena demam berdarah dengue akan mudah sekali untuk menghancurkan pertahanan tubuh kita sehingga risiko untuk terkena demam berdarah yang membahayakan menjadi tinggi. Sebaliknya, jika kondisi tubuh sedang normal maka kemungkinan kecil akan terjangkit demam berdarah.

Meski demikian, uniknya sebagaimana halnya virus penyebab penyakit yang lainnya seperti campak atau influenza, virus dengue jue bisa sembuh dengan sendirinya terutama ketika kondisi tubuh sedang fit dan baik. Jenis penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini bisa datang secara mendadak dan akan tetap berjalan sekalipun diobati. Sebaliknya, akan sembuh dengan sendirinya terutama jika daya tahan tubuh kita sedang on fair. Meski demikian, tetap saja ancama virus demam berdarah dengue harus diwaspadai.

Cara Mencegah

Hati-hati karena dalam banyak kasus demam berdarah ini bisa berakibat fatal yakni menyebabkan seseorang meninggal. Makanya perlu diperhatikan beberapa hal untuk penanggulangan demam berdarah ini. Antara lain:

√ Karena vaksin untuk mencegah terjadinya demam berdarah sampai saat ini masih belum ditemukan, makanya pencegahan dengan memberantas jentik nyamuk yang menyebabkan demam berdarah harus dilakukan dengan cara 3 M; menutup, mengubur, dan menyemprot.

√ Melakukan fogging atau pengasapan untuk memberantas jentik-jentik nyamuk yang berpotensi akan berkembnag biak terutama di tempat-tempat kotor.

√ Berikan minum air putih sebanyak-banyaknya kepada penderita yang tengah menderita demam berdarah.

√ Berikan obat yang bisa menurunkan panas karena biasanya DBD ini selalu diikuti dengan demam yang tinggi.

√ Segera lakukan pemeriksaan ke dokter apabila penderita demam belum juga bisa diturunkan panasnya.

√ Menaburkan bubuk abate ke tempat-tempat penampungan air untuk membunuh jentik-jentik nyamuk

No comments:

Post a Comment

Sorry .....
Comments received will be moderated in advance. Suggestions, Criticism and rejection can you comments it during use wise words and not SARA contains elements or word- profanity, comments will displayed.
Thanks...